BLOG SOSIOLOGI: Struktur Sosial (ringkasan)

Hi, kalian yang telah datang ke halaman blog saya. Sebelumnya saya berterima kasih kepada kalian yang telah datang ke halaman saya untuk belajar salah satu materi dari pelajaran sosiologi. Perkenalkan saya seorang murid IPS, Yohana Amelia. Kali ini saya akan membahas mengenai Struktur Sosial secara ringkas (kalimat tidak terlalu panjang) .




Definisi Struktur Sosial :
  • Jalinan unsur-unsur sosial yang pokok
Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Tokoh :
  • George C. Homan = Perilaku Elementer (mendasar)
  • Talcott Parsons     = Keterkaitan antarmanusia.
  • Coleman               = Pola hubungan antarmanusia.
  • Kornblum             = Pola perilaku individu dan kelompok berulang-ulang.
  • Soerjono Soekanto= Hubungan timbal balik posisi peranan.
  • Abdul Syani          = Tatanan soial dalam kehidupan masyarakat.
  • Gerhard Lenski     = Diarahkan oleh kecenderungan sejarah.
Material Struktur Sosial dari sebuah Masyarakat :
  1. Lembaga.
  2. Individu.
  3. kelompok sosial.
  4. Interaksi.
  5. Sosialisasi.
  6. Pengendali sosial.
  7. Konflik.
  8. Perubahan sosial.
  9. Penyimpangan.
  10. Akomodasi sosial.
  11. Wilayah.
  12. Nilai dan norma.
Unsur-unsur Struktur Sosial :
  • Individu : Pembentuk struktur sosial
  • Interaksi : Mengarah pada integrasi / disintegrasi.
Elemen Dasar Struktur Sosial :
  1. Status Sosial      = Posisi sosial dalam kelompok masyarakat.
  2. Ascribed Status = Diperoleh dengan sendirinya. (Contoh : Gelar kebangsawanan).
  3. Achieved Status = Diperoleh dengan usahanya sendiri. (Contoh : Gelar pendidikan).
  4. Assigned Status = Diperoleh dengan jasa-jasanya tertentu. (Contoh : Piagam penghargaan, Gelar kepahlawanan).
Ciri-ciri Struktur Sosial :
  • Muncul pada kelompok masyarakat.
  1. Status dan peranan masing-masing individu hanya bisa terbaca ketika mereka berada dalam masyarakat.    

  • Berkaitan dengan kebudayaan.
Nah, gimana nih, apakah kalian sudah puas? apakah kalian telah memahami materi Struktur Sosial? Jika , kalian senang dan mudah memahami, kalian boleh datang kapan saja sesuka hati kalian. Sebelumnya, saya berterima kasih kepada Guru Sosiologi saya , Ibu Yashinta.Karena, telah memberikan ilmunya kepada saya:) . SEMOGA BERMANFAAT dan  MUDAH DIPAHAMI. God Bless You , Guys.

Jangan lupa,untuk saling share ilmu kalian kepada semua orang , agar sama-sama mendapat ilmu (tapi kalau ujian, jangan guys).

Tidak setuju dengan artikel saya?? kalian bebas untuk mengomentari artikel saya. 
Artikel bermanfaat?? SHARE dan Jangan lupa untuk komentar juga ya.

Kalian senang saya pun ikut senang.

Sumber: catatan pelajaran Sosiologi.




        

Komentar

  1. Terima Kasih Guys telah datang..
    ini blog pertama saya, mohon maaf jika ada kesalahan letak.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar